11 Cara yang Harus Dilakukan Sebelum Membeli Gitar Bass

0
24

Sumber : pinterest.com

Gitar merupakan salah satu jenis alat musik yang banyak dimainkan. Tak hanya gitar biasa saja, gitar bass juga memiliki banyak penggemar. Alat ini, memang tidak sulit untuk mendapatkan gitar bass terbaru. Akan tetapi, bagi kamu yang ingin membeli sebuah gitar bass, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dengan baik.

Ini karena, tidak semua gitar bas memiliki kualitas yang sama dan memiliki karakter yang berbeda. Nah, bagaimana cara memilih gitar bass yang good quality? Berikut penjelasannya.

  1. Sesuaikan dengan Dana yang Dimiliki

sumber : pinterest.com

Memang, kualitas merupakan hal pertama yang harus kamu perhatikan. Namun, kamu juga jangan sampai lupa soal dana yang dimiliki. Tentu saja, gitar bass yang memiliki kualitas bagus dijual dengan harga yang lebih mahal.

Nah, jika kamu tidak memiliki dana yang cukup, alangkah baiknya untuk membeli gitar bas yang lebih murah namun dengan kualitas yang tidak terlalu buruk.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan serta Kegunaan

sumber : pinterest.com

Hal lainnya yang harus kamu perhatikan saat akan membeli gitar bass terbaru ialah menyesuaikannya dengan kebutuhan atau kegunaan. Kamu ingin menggunakan gitar tersebut untuk diri sendiri, bermain bersama band, atau malah menyewakannya pada sebuah studio musik.

Jika kamu ingin menggunakan gitar bass untuk pribadi, maka sesuaikanlah gitar bass tersebut dengan jenis musik yang biasa kamu mainkan.

3. Pilih Merk yang Berkualitas

sumber : bernas.co.id

Merk yang bagus tentu saja sangat mempengaruhi kualitas dari gitar bass itu sendiri. Setiap gitar bass yang ada di pasaran tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, kamu harus pintar dalam memilih gitar bass sesuai dengan kebutuhan.

Nah, jenis gitar bass yang lebih kental dengan jenis musik jazz adalah gitar merk Ibanez.

4. Kenali Jenis Bahan Pembuatannya

sumber : pinterest.com

Hal lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan saat akan membeli gitar bass terbaru ialah dengan mengenali jenis bahan pembuatannya. Mengapa demikian? Ini karena jenis bahan pembuatan sangat berpengaruh pada ketahanan terhadap perubahan cuaca serta suara yang dihasilkan.

Biasanya, ada gitar bass yang menggunakan jenis kayu berbeda pada bagian body dan necknya. Tentu hal tersebut dapat menghasilkan suara yang berbeda pula. Oleh karena itu, kamu harus jeli melihat serat dan warnanya.

5. Perhatikan Kelurusan Neck

sumber : pinterest.com

Ternyata, kelurusan neck juga harus diperhatikan dengan baik. Apabila ada celah atau sambungan pada bagian neck atau leher tentu akan membuat kualitasnya menjadi lebih buruk. Sementara itu, leher gitar yang baik ialah leher yang tidak ada cacat sedikit pun. Perhatikan pula apakah leher gitar tersebut bengkong atau tidak.

6. Perhatikan Jumlah Senar yang Digunakan

sumber : pinterest.com

Ternyata, jumlah senar yang ada di dalam sebuah gitar bass akan menentukan tinggi rendahnya suatu nada. Umumnya, gitar bass menggunakan 4 senar dengan nada E A D G.

Ada pula gitar yang menggunakan 5 nada dan menghasilkan nada yang lebih rendah, yaitu B E A D G serta gitar bass yang menggunakan 6 senar dengan nada yang lebih tinggi, yaitu B E A D G C.

7. Perhatikan Bagian Fret serta Bridge

sumber : pinterest.com

Untuk menentukan bagian fret butuh kejelian. Umumnya, bagian tersebut terlihat sama akan tetapi dalam segi warna terlihat berbeda. Fret dengan kualitas rendah akan mudah terkikis oleh senar. Akibatnya senar akan bertabrakan dengan fret di depannya pada saat dimainkan.

Saat akan membeli gitar bass terbaru, perhatikan pula bagian bridge. Pilihlah bridge yang terlihat lebih mudah untuk memasang dan melepas senar. Alangkah baiknya untuk tidak membeli gitar yang pemasangan senarnya melalui lubang bawah, agar lebih mudah dalam pemasangan senarnya.

8. Tentukan Jenis Pick Up

sumber : pinterest.com

Pick up merupakan komponen penting dalam sebuah gitar bass. Ini karena bagian tersebut berguna untuk mengubah sinyal dari analog ke digital. Umumnya, ada dua jenis pick up dalam sebuah gitar bass. Yakni magnetic serta piezoelectric, dan pick up magnetic merupakan pick up yang paling umum digunakan.

9. Kondisi Kontrol Nada serta Tune Machine

sumber : pinterest.com

Kontrol nada merupakan tombol yang digunakan untuk mengatur volume, bass dan treble. Tone control yang baik ialah yang dilapisi dengan menggunakan cat khusus.

Sementara itu, tune machine merupakan bagian yang berguna untuk mengencangkan serta melonggarkan senar, pilihlah yang terbuat dari alumunium dan tembaga.

10. Berat dari Gitar Bass

sumber : pinterest.com

Cara ini optional, jika kamu ingin menggunakan gitar bass untuk pertunjukan, tentu saja harus memilih gitar yang lebih ringan. Namun, jika untuk digunakan dalam studio musik, kamu bisa bebas memilihnya.

11. Cek Suara

sumber : pinterest.com

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan ialah dengan mengecek suara dari gitar bas. Suara dari gitar bass sendiri dapat berubah-ubah. Oleh karena itu, kamu harus jeli dalam memilihnya.

Di atas merupakan 11 cara yang bisa kamu lakukan sebelum membeli gitar bass terbaru. Meski ada banyak sekali merk gitar bass di pasaran, namun belum tentu semua merk tersebut bisa menghasilkan kualitas yang kamu inginkan.