7 Prinsip Dalam Perkembangan Motorik Anak

0
89
Perkembangan Motorik
Perkembangan Motorik

Usia anak merupakan usia emas dalam pertumbuhan. Untuk itu, perlu strategi khusus dalam menuntun anak melewati fase itu, salah satunya dengan mengetahui prinsip perkembangan anak. Inilah 7 Prinsip Dalam Perkembangan Motorik Anak.

Dalam perkembangan motorik anak, banyak hal yang mesti dipahami orang tua, salah satunya ialah prinsip dalam perkembangan anak. Dari sekian banyak prinsip perkembangan, berikut   prinsip utamanya;

  1. Kebebasan. Ekspresi adalah proses pengungkapan perasaan dan jiwa secara jujur dan biasanya berdasarkan keinginan dalam hati. Sangat penting setiap orang tua memberikan kebebasan berekspresi bagi tiap anaknya agar tumbuh tidak dengan topeng kehidupan.
  2. Kreativitas. Salah satu langkah untuk memunculkan kreativitas ialah dengan pengaturan waktu, tempat dan alat atau media. Bermacam-macam dan keterbatasan ialah cara yang paling efektif dalam pengaturan ini.
  3. Keberanian. Ungkapan larangan dan komentar negatif sejatinya mesti dihindari dengan sebaik-baiknya. Dihindari bukan berarti menghilangkan, tetapi menempatkannya dengan tepat. Jika tidak pada tempatnya, tentu akan membuat keberanian anak berkurang atau terganggu.
  4. Sesuai kemampuan dan perkembangan. Prinsip selanjutnya yang mesti diperhatikan ialah kemampuan anak tiap umurnya pasti berbeda. Selain itu, kebutuhan atau bakat anak pun berbeda, penting untuk memahami itu semua.
  5. Rasa gembira. Hal ini berhubungan dengan memahami kondisi anak. Pastikan anda untuk selalu berusaha membuat anak bahagia, terutama saat  anak dalam kondisi sedih dan tertekan.
  6. Pengawasan. Sangat penting untuk tahu aktivitas atau kegiatan anak. Akan banyak manfaat apabila orang tua melakukan pengawasan dengan baik. Selain  bisa menjaga anak dari berbagai macam hal yang bisa membahayakan, orang tua pun akan bisa mengetahui kecenderungan anak atau kebiasaan anak setiap harinya, tiap kondisinya dan lain sebagainya.
  7. Kegiatan di berbagai media/alat dan bahan.  Kegiatan ini sebagai cara untuk mengasah cara kerja anak agar mampu beradaptasi dalam berbagai kondisi, keadaan dan lain sebagainya. Sangat penting untuk membentuk anak menjadi pribadi yang fleksibel.

Dari ketujuh prinsip perkembangan motorik diatas, tentunya orang tua diharapkan mampu memiliki strategi khusus dalam mendidik anak. Seperti banyak diberitahukan, bahwa dari usia anak merupakan usia emas perkembangan dan dalam cara mendidik pun mesti diperhitungkan dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here