Cara Membersihkan Model Box Bayi Dari Kayu

0
82
Cara Membersihkan Model Box Bayi Dari Kayu
Cara Membersihkan Model Box Bayi Dari Kayu

Model box bayi sangatlah beragam ada yang dari kayu, besi, dan lainnya.  Ibu tak boleh asal melakukan perawatan terhadap ranjang bayi model box bayi terutama yang dari kayu tanpa cara yang benar. Kesalahan kecil yang terus dilakukan bisa membuat box bayi kayu Ibu menjadi kusam, tergores, lapuk, bahkan lama-kelamaan rusak. Tak ingin hal tersebut terjadi pada box bayi kayu mahoni Ibu? Yuk, simak cara membuat bersih box bayi dari bahan kayu berikut ini.

Tak berbeda jauh dari cara merawat dan membuat bersih lantai kayu, bahan kayu cukup sensitif terhadap suhu baik panas maupun dingin. Suhu panas biasanya dari sinar matahari bisa membuat minyak yang terbisa kayu menjadi kering, sehingga nuansa alam yang dibawa box bayi kayu lama-kelamaan bisa pudar. Selain itu panas bisa membuat kayu menjadi melengkung dan retak atau pecah. Terkena sinar metahari berlebih juga bisa membuat box bayi kayu menjadi kusam.

Selain suhu yang tinggi, suhu ruangan yang rendah dan kurang cahaya cenderung membuat udara menjadi lembab. Kelembababn akan membuat oksidasi kayu menjadi tinggi. Udara yang lembab juga bisa menyebabkan jamur, rayap, dan serangga kayu lainnya berkembang biak dan merusak box bayi kayu di rumah Ibu. Jadi, cara membuat bersih box bayi kayu yang pertama adalah perhatikan penempatan box bayi Ibu beserta dengan keadaan disekitar box bayi.

Hilangkan debu yang menempel pada box bayi kayu menggunakan vacuum cleaner mini. Noda dan debu yang menempel akan membuat box bayi kayu mahoni menjadi terlihat kusam dan lama-kelamaan akan menjadi lapuk. Ibu juga bisa menggunakan lap berbahan lembu yang sudah diberi cairan khusus pembersih kayu supaya box bayi kayu lebih bersih dan kembali mengkilap. Pilih cairan khusus pembersih kayu yang memiliki kualitas baik. Jangan lupa buat membaca petunjuk pemakaiannya.

Khusus buat box bayi kayu yang tak dilapisi vernis, upayakan buat menghindarkan box bayi kayu dari air. Tanpa lapisan vernis, box bayi kayu yang Ibu miliki bisa dengan mudah menyerap cairan yang mengenainya. Hal ini akan membuat box bayi kayu menjadi cepat lapuk, keropos, dan rusak. Bila box bayi kayu terkena tumpanan air atau minuman, upayakan segera mengeringkannya dengan lap berdaya resap tinggi buat mencegah cairan meresap pada box bayi kayu.

Buat membuat bersih box bayi kayu yang tak divernis, Ibu tetap boleh menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan sabun berformula lembut. Celupkan lap lembut, lalu peras lap hingga kesat, dan secara cepat gunakan buat membuat bersih box bayi kayu. Bila sudah sesegera mungkin keringkan dengan lap lain supaya buat mencegah air terserap ke dalam pori-pori kayu.

Ketika box bayi kayu terkena noda atau debu yang lengket, upayakan supaya Ibu cepat-cepat membuat bersihnya. Gunakan lap lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat buat menyeka debu dan noda lengket tadi. Setelah itu gunakan lap baru yang kering dan berbahan lembut buat menggosok debu yang melekat pada box bayi kayu hingga debu dan noda benar-benar hilang. Perhatian, jangan biarkan lap basah menempel pada box bayi kayu terlalu lama karena bisa menyebabkan kayu menjadi rapuh dan lapuk.

Sering-seringlah membuat bersih bagian ukiran pada box bayi kayu mahoni Ibu. Bagian yang harus dibersihkan adalah sela-sela ukiran dan sudut-sudut box bayi mahoni dimana debu, noda, maupun jamur mudah bersarang. Ibu bisa menggunakan kuas halus dengan ukuran kecil buat membuat bersihnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here