Cara Mengasah Ingatan Untuk Merangsang Kecerdasan Anak

0
71

Masa kecil adalah tentang belajar, dan belajar jauh lebih mudah jika anak anda memiliki ingatan yang kuat. Kemampuan untuk menangkap dan mengingat kembali pengetahuan membuat anak bisa unggul di sekolah. Memiliki ingatan tentang pengalaman sehari-hari juga membantu anak anda memahami dunia mereka serta mampu meningkatkan kecerdasan anak

Biasanya kecerdasan yang dimiliki anak menurun dari ibu. Tetapi itu tidak bisa dijadikan patokan. Untuk merangsang ingatan anak anda bisa melakukan beberapa kegiatan ini bersama anak anda dirumah. Kecerdasan anak usia dini perlu distimulasi sejak awal. Berikut adalah beberapa saran yang telah didukung penelitian.

kecerdasan anak
kecerdasan anak
1. Bermain Kartu

Ini adalah salah satu permainan kecerdasan linguistik. Ini adalah cara ini yang asyik untuk mengasah daya ingat anak anda. Permainan kartu sederhana seperti Crazy Eights, Uno, Go Fish and War dapat meningkatkan memori kerja si kecil. Anak anda tidak hanya harus mengingat aturan permainan tetapi dia juga harus mengingat kartu apa yang dia miliki.

2. Biasakan Membaca dan Berbicara Tentang Buku.

Tidaklah mengejutkan bahwa membaca baik untuk kecerdasan anak anda. Saat orangtua membiasakan membaca intelektual mereka akan terasah. Anda bisa memilihkan bacaan yang seru tetapi juga memberikan tambahan pengetahuan seperti Little Mermaid. Jika anak anda belum menginjak usia remaja hindari memberikan bacaan yang berat. 

3. Ajak Bicara Tentang Kenangan Favorit.

Kenangan yang mengesankan bagi anak lebih mudah melekat di otak mereka. Ajak anak untuk membicarakannya. Pada awalnya mungkin terasa canggung. Tapi jika sudah terbiasa anak akan nyaman melakukannya. Hal ini bisa menstimulasi kecerdasan anak di bidang komunikasi. Anak tidak akan canggung mengutarakan pendapat.

4. Bantu Anak Mengendalikan Stres

Stres menyebabkan sistem asupan otak untuk mengirim informasi ke otak reaktif. Di dalam otak anak akan terjadi pertarungan yang bisa menambah bebas di otak. Salah satu penyebab stres adalah tekanan belajar. Situasi belajar dengan tekanan tinggi mungkin akan membahayakan ingatan anak Anda.

Anda bisa membuat ritual yang menyenangkan untuk anak sebelum belajar seperti mendengarkan lagu favorit dan menggambar. Orangtua perlu sabar membiasakan anak agar mampu mengontrol stres mereka.

Ingatan yang kuat sangat penting bagi perkembangan anak-anak. Si kecil yang memiliki kemampuan ingatan yang bagus bisa mengasah keterampilan dan bakat mereka dengan baik. Stimulasi kecerdasan intrapersonal juga bisa dilakukan. 

Anda sebagai orang tua wajib paham dan mengetahui perkembangan kecerdasan anak. Dengan memantau perkembangannya anda bisa memberikan yang terbaik untuk si buah hati.