Cara Menggendong Bayi Yang Benar

0
53
Cara Menggendong Bayi Yang Benar
Cara Menggendong Bayi Yang Benar

Selain dengan berkomunikasi dengan bayi bisa menumbuhkan ikatan batin antara ibu dan anak, menggendong bayi juga bisa menambah ikatan batin diantara anda dan bayi anda. dengan menggendong, bayi akan merasakan kehangatan kasih sayang yang anda berikan, akan tetapi  jangan terlalu sering gendong bayi, misalnya setiap saat bayi digendong. Hal ini tidak bagus untuk bayi karena bayi akan keterusan digendong dan tidak mau ditidurkan.anda bisa menggendongnya ketika bayi menangis. Jika bayi sedang tidur atau sedang asik bermain, anda tidak perlu menggendongnya, lebih baik anda menidurkannya di box bayi.

Berikut ini merupakan cara untuk menggendong bayi.

Cara yang pertama yaitu menggendong bayi yang berusia 0-3 bulan. Pada usia ini, tulang bayi masih sangat rawan, sehingga anda bisa menggendong bayi dengan cara menidurkannya di lengan anda. tanag anda bisa menopang kepala dan lehernya serta tangan yang satunya lagi menopang bagian pantat dan bagian punggungya. Jika anda merasa takut bayi akan terjatuh ketika anda menngendongnya atau merasa takut bayi anda menyakitinya, anda bisa menggunakan kain bedong agar bayi tidak gerak-gerak sehingga anda pun merasa nyaman ketika menggendongnya.

Cara yang kedua yaitu menggendong bayi yang berusia 4 bulan. Pada usia ini anda bisa gendong bayi dengan cara yang hampir sama dengan cara menggendong bayi pada usia 0-3 bulan. Akan tetapi anda bisa menggendong bayi dengan mendudukkan bayi di atas pangkuan anda, kepala bayi disandarkan ke dada anda dan menghadap ke depan.

Cara yang ketiga yaitu menggendong bayi yang berusia 5 bulan, pada usia ini, anda bisa menggendong bayi dengan menempelkannya di dad anda dan tangan anda menopang bagian pantat bayinya, dan tanagn yang satunya lagi menahan bagian leher dan kepala bayi. Karena pada usia ini bayi sudah bisa menopang kepalanya sendiri.

Cara yang keempat yaitu menggendong bayi yang berusia 6 bulan. Pada usia ini, anda bisa menggendong bayi seperti cara menggendong bayi pada usia 5 bulan, ataupun anda bisa menggendongnya dengan cara menghadapkannya ke depan.

Cara yang kelima yaitu menggendong bayi yang berusia 6-9 bulan, pada usia ini anda bisa mulai menggendongnya dengan tangan sebelah tanpa menyangga bagian leher dan kepala  karena lehe bayi bisa ditegakkan sendiri oleh bayi

Dalam menggendong bayi, anda harus benar-benar dalam menggendongnya karena jika salah, bayi anda beresiko terkilir dan patah tulang. Untuk membantu ketika anda menggendong bayi supaya anda tidak pegal saat menggendongnya, anda bisa menggunakan gendongan bayi. Gendongan bayi memiliki 2 jenis yaitu gendongan bayi tradisional, dan gendongan bayi yang moderen. Gendongan bayi tradisonal biasanya terbuat dari bahan kain yang panjang.

Biasanya gendongan bayi tradisonal digunakan oleh para ibu untuk mengayun –ayun bayinya. gendongan bayi moderen banyak sekali modelnya, ada yang bisa menggendong bayi ke samping, ke depan. Gendongan yang cocok untuk bayi yang berusia 0-3 bulan, lebih cocok gendongan yang bisa menidurkan bayi anda. sedangkan untuk model yang bisa menggendong ke depan untuk bayi yang berusia 6-12 bulan. Gendongan moderen lebih praktis jika digunakan ketika anda bepergian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here