Cara Tepat Dan Aman Dalam Memandikan Bayi

Bagi setiap pasangan suami istri pastinya sangat mengharapkan adanya sosok bayi dalam keluarganya. Bayi yang dapat menjadi penenang dan penyejuk dalam keluarga, serta menjadi penerus keturunan keluarga. Karena begitu pentingnya maka merawatnyapun harus dengan kehati-hatian termasuk salah satunya memandikan bayi.

Cara memandikan bayi yang baru lahir akan berbeda dengan bayi yang sudah berusia agak besar (batita atau balita), karena harus ada cara yang benar dan baik pula. Pengalamanpun diperlukan agar dalam memandikannya bayi dapat terjaga dari segala cedera yang mungkin terjadi akibat cara yang salah dalam memandikannya. Dari hal itu bagi anda para ibu muda yang baru mempunyai bayi, terkadang harus serba hati-hati dalam merawatnya karena jika salah dalam menggendong atau memandikan dapat berakibat yang fatal bagi bayi.

Ketika anda mempunyai bayi yang baru lahir dalam rentan usia kurang dari satu minggu, sebaiknya jangan dimandikan dengan air secara langsung terlebih dahulu. Karena kondisi badan bayi yang masih belum kuat dan stabil dalam menerima cuaca yang dingin atau hangat sekalipun. Cara yang utama dalam memandikan bayi yang usianya baru satu mingguan lebih baik dengan menggunakan waslap, spons atau kain yang dibasahi dengan air hangat dan diperas.

Cara menggunakannya yaitu dengan membasuhnya pada bagian tangan, kaki, badan atau kepala bayi. Usap secara merata dan perlahan, terutama pada bagian-bagian berupa lipatan. Bersihkan juga pada area popok, karena pada usia ini bayi akan sering kencing sehingga bagian kelamin serta bokong bayi akan sering basah. Ganti pula popok yang dipakai oleh bayi secara kontinu agar kekeringan dan kehangatan area popok dapat terjaga.

Cara di atas dilakukan samapai usia bayi sudah agak besar (beberapa minggu). Selanjutnya ketika tali pusar pada bayi sudah mulai kering dan lukany asudah benar-benar sembuh. Maka anda dapat memandikannya, tetapi dalam memandikan ini harus benar hati-hati apalagi bagi anda yang baru pertama kali melakukannya. Untuk yang pertama anda siapkan baskom atau sejenisnya yang dapat digunakan sebagai tempat mandi bayi beserta air yang hangat (hangat kuku), lalu siapkan pula shampo atau sabun khusus bayi yang aman bagi kulitnya.

Ketika memandikan bayi untuk pertama kalinya, harus berhati-hati dalam mengusap dan meratakan air, jangan sampai dengan usapan yang terlalu keras yang dapat membahayakan bayi. Untuk memandikannya, jangan pula dilakukan terlalu sering karena hal seperti itu dapat membuat kulitnya menjadi kering. Cukup memandikannya satu minggu 3 kali dalam seminggu karena kondisi bayi yang tidak akan terlalu kotor sebab selalu berada di rumah.

Waktu memandikannyapun paling lama cukup lima menit. Tetapi hal inipun akan bergantung kepada tiap bayi, karena ada bayi yang senang sekali berada lama-lama di air. Namun cara yang terbaik sebaiknya tetap membatasi karena jika terlalu lama air yang dipakai mandi bisa menjadi dingin sehingga mengakibatkan bayi mudah terkena penyakit.

Leave a Comment