Kenalkan Anak Ibu Dengan Mainan Balita Sederhana

0
51
Kenalkan Anak Ibu Dengan Mainan Balita Sederhana
Kenalkan Anak Ibu Dengan Mainan Balita Sederhana

Dunia balita adalah waktu di mana mereka yang berumur lima tahun mendapat permainan edukatif. Dengan bertambahnya usia balita maka bertambah pula rasa keingintahuannya. Oleh karenanya anak-anak belajar mengenal dunia sekitarnya melalui bermain.   Sebagai ayah dan ibu tentu kita perlu memberikan game yang bukan hanya membuat balita menjadi tidak mudah bosan dan terhibur tetapi juga game yang dapat membuat balita selalu aktif sehingga tubuhnya sehat sekaligus game mendidik yang membuat balita cerdas, seperti mainan balita sederhana.

Ada berbagai macam jenis mainan balita sederhana kreatif yang ayah dan ibu bisa lakukan bersama anak-anak di dalam rumah maupun di luar rumah. Bermain bersama balita memberikan dampak positif dalam perkembangan jiwa balita dan melatih kecerdasan emosionalnya karena dapat mempererat ikatan kasih sayang antara ayah dan ibu dan balita.

Sambung kata, Tips bermainnya mudah karena tidak membutuhkan alat bantu apapun. Ayah dan ibu bisa meminta balita pertama memulai game dengan mengatakan “saya”, lalu balita kedua menambahkan satu kata menjadi “saya suka”, lalu selanjutnya kata disambung oleh balita selanjutnya menjadi “saya suka bermain”, dan begitu selanjutnya sehingga dari satu kata menjadi satu cerita yang panjang.  Game berakhir ketika ada balita yang lupa dengan susunan kata-kata di cerita. Game ini baik buat memperlancar kemampuan berbitips balita dan bermanfaat bagi pertumbuhan otak balita karena merangsang daya ingat balita.

Tebak barang dalam kantong, Game ini membutuhkan beberapa hal seperti kantong yang tidak tembus payah dan ibung dan barang-barang atau asupan yang ada di rumah yang biasa dipergunakan sehari-hari. Misalnya mainan balita seperti mobil-mobilan, sisir, buah jeruk, penggaris, pensil, buku, sendok makan dan lain sebagainya.  Tips bermainnya sangat mudah yakni masukkan semua jenis barang atau asupan yang Ayah dan ibu pilih. Minta balita Ayah dan ibu buat menutup matanya (bisa juga menggunakan penutup mata) lalu memasukkan tangannya ke dalam tas/kantong dan menebak barang yang diambilnya.

Balita diperbolehkan buat memegang, meraba, dan mencium barang atau asupan tersebut buat sesaat sebelum menebaknya. Bila tebakannya benar maka balita bisa memiliki barang atau asupan tersebut. Game ini dapat merangsang motorik halus balita melalui kegiatan meraba barang dan melatih indera penciumannya.  Ingat bermacam jenis barang , Game ini membutuhkan beberapa hal seperti barang-barang atau jenis-jenis asupan yang ada di rumah yang biasa dipergunakan sehari-hari. Misalnya saja sendok, garpu, cangkir, buah pisang, wortel, buku, boneka dan lain sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here