Ketahui Penyebab Ruam Pada Bayi Dan Cara Mengatasinya Dengan Sleek Baby

0
41

Merawat bayi bukanlah perkara mudah, apalagi jika Anda adalah mama baru. Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui bagaimana cara merawat si kecil dengan baik. Salah satu hal terpenting yaitu menjaga kebersihan karena bayi sangat sensitif. Anda mungkin bingung ketika mendapati ruam pada kulit si kecil padahal Anda sudah menjaga kebersihan dengan baik. Hal yang demikian bisa terjadi karena si kecil alergi dengan produk yang Anda gunakan. Sleek Baby merupakan produk kebersihan untuk bayi yang aman dan tidak menimbulkan alergi.

6 Penyebab Ruam Yang Harus Anda Tahu

Ruam pada bayi tidak boleh dianggap sepele karena akan membuat bayi Anda menjadi rewel. Ruam atau bercak merah pada kulit bayi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti dibawah ini:

Popok Terlalu Ketat

Penggunaan diapers yang terlalu ketat pada bayi dapat menimbulkan ruam. Hal ini dikarenakan bayi mempunyai kulit yang masih tipis dan lembut. Popok yang ketat menyebabkan kulit bayi tergesek yang akan membuatnya lecet. Kondisi seperti ini jika dibiarkan akan semakin menimbulkan rasa tidak nyaman pada si kecil.

Popok Lembab

Anda harus rajin memeriksakan popok si kecil secara berkala. Jika popok sudah penuh dengan urin dan kotoran maka segera ganti dengan yang baru. Kondisi popok yang sangat lembab akan memudahkan bakteri dari urin dan kotoran untuk berkembang biak. Bakteri itulah yang akan membuat kulit bayi menjadi iritasi dan terlihat memerah.

Produk Kebersihan Bayi

Ruam pada bayi juga bisa disebabkan oleh produk kebersihan yang Anda gunakan. Produk kebersihan tersebut meliputi minyak, sabun, bedak, dan tisu basah yang bisa Anda gunakan. Jangan menggunakan produk kebersihan dewasa untuk bayi karena kandungan bahan kimianya tidak cocok untuk kulit bayi. Oleh sebab itu, pilihlah produk kebersihan khusus bayi yang aman dan tidak menimbulkan alergi.

Makanan Baru

Bayi yang baru pertama diberi makan akan lebih rentan terkena ruam di area bokong. Hal ini dikarenakan jenis makanan yang ia makan akan mempengaruhi feses yang dikeluarkan. Makanan yang asam tersebut bisa menjadi penyebab ruam pada bayi. Namun, jika bayi masih mengkonsumsi ASI eksklusif maka bisa jadi makanan yang dikonsumsi sang Ibu yang menjadi penyebab ruam pada area bokong bayi.

Antibiotik

Antibiotik biasanya digunakan untuk membasmi bakteri yang dapat menyebabkan jamur dan infeksi. Sayangnya, antibiotic bukan hanya mematikan bakteri jahat saja namun juga bakteri baik. Pemberian antibiotik pada bayi dapat menyebabkan jumlah bakteri baik berkurang. Inilah yang menyebabkan kulit bayi mudah ruam karena tidak jumlah bakteri baik tidak bisa menghambat pertumbuhan jamur. 

Bila Anda adalah seorang ibu menyusui dan sedang mengkonsumsi antibiotic maka bayi Anda akan berpotensi mengalami ruam. Hal ini dikarenakan, secara tidak langsung bayi juga mengkonsumsi antibiotic melalui ASI Anda.

Cara Mengatasi Ruam Popok

Anda tidak perlu terlalu khawatir jika mendapati ruam pada bayi Anda karena yang terpenting yaitu mencari cara mengatasinya. Agar rumah cepat kering maka gunakan produk Sleek Baby untuk ruam. 

Produk kebersihan bayi ini menjadi andalan para ibu karena terbukti mampu mengatasi ruam pada bayi. Hal ini karena Sleek Baby mempunyai kandungan antibakteri alami yang dapat memelihara kelembaban kulit si kecil. Selain itu, Anda juga menggunakan krim ruam ini untuk mengatasi ruam karena gesekan popok. Untuk memelihara kesehatan kulit bayi Anda maka jangan lupa untuk siap sedia krim ini.