Mainan Anak Murah

0
69
Mainan Anak Murah
Mainan Anak Murah

Kini produk-produk mainan anak murah buatan Tiongkok beredar luas di pasar Indonesia. Sambutan masyarakat Indonesia pun luar biasa karena dengan harga yang murah bisa mendapatkan mainan balita yang miring harganya. Meski mainan anak murah membuat rakyat kita berpikir sehingga terjangkau semua kalangan baik di kota besar sampai ke pelosok desa yang berada di gunung. Hanya sedikit orang yang tahu bahwa mainan plastik buatan Tiongkok sebetulnya berbahaya, terutama ancaman bagi kesehatan balita. Dalam dunia industri, bahan yang sudah tidak terpakai biasanya dibuang menjadi limbah, termasuk limbah atau sisa-sisa plastik.

Mainan Anak Murah

Di Tiongkok sisa-sisa plastik ini diolah kembali oleh industri mainan dengan proses secara kimiawi menggunakan logam berat seperti timbal, kemudian diberi penguat semacam formalin dan diwarnai dengan zat pewarna yang tidak layak untuk kesehatan, lalu dikemas dengan menarik menggunakan kemasan yang berasal dari plastik daur ulang juga. Kemudian dieskpor secara besar-besaran ke seluruh dunia dan akhirnya sampai di rumah kita. Kini Sembilan puluh persen mainan plastik yang beredar di Indonesia mengandung timbal. Terbukti dengan adanya berbagai temuan di masyarakat. Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Jakarta beberapa waktu lalu mengumumkan bahwa banyak mainan balita mengandung racun timbal.

Zat timbal yang tinggi sangat beresiko terhadap tumbuh kembang balita. Timbal menyebabkan keracunan kronis pada otak dan pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya penurunan perkembangan intelegensia dan rentan terhadap ketidakseimbangan sistem syaraf tubuh. Dapat menyebabkan penyakit pernapasan dan pencernaan akut. Unsur timbal beresiko merusak kerja sistem  metabolisme organ tubuh serta menyebabkan infeksi pada sistem pernapasan. Dapat melemahkan kerja zat-zat pembangun tulang pada tubuh balita.  Hal ini dapat merusak struktur kandungan tulang pada tubuh balita yang berpotensi menyebabkan kerapuhan tulang Bagaimana timbal masuk ke dalam tubuh balita? Kebiasaan balita bermain dengan mengisap/mengulum serta menghirup bau mainan merupakan potensi utama penyebab keracunan timbal pada balita. Sudah saatnya kita mengingatkan saudara-saudara kita yang lain, minimal anak kita dan orang-orang di sekitar kita dapat terhindar dari bahaya racun timbal yang banyak terdapat pada mainan balita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here