Mainan Bayi Untuk Usia 0-12 Bulan

0
26
Mainan Bayi Untuk Usia 0-12 Bulan
Mainan Bayi Untuk Usia 0-12 Bulan

Ketika mempersiapkan perlengkapan untuk bayi anda, mungkin anda jangan lupa untuk mempersiapkan mainan untuk bayi anda. dengan memberikan mainan, anda bisa membantu merangsang perkembangan bayi anda. mainan bayi bisa dibagi sesuai usia bayi, ada mainan untuk bayi 1 bulan, mainan untuk bayi 2 bulan, sampai dengan mainan untuk anak usia 1 tahun. Berikut ini merupakan jenis-jenis mainan yang bisa anda berikan sesuai dengan usia bayi.

  1. Mainan untuk bayi usia 0-3 bulan

Mainan ini terbuat dari bahan yang aman bagi bayi, selain itu juga tidak boleh memberikan mainan dengan ukuran yang kecil, karena biasanya bayi pada usia ini suka memasukkan apapun yang dipegangnya ke dalam mulutnya.

Pada usia ini anda bisa memberikan mainan yang berukuran besar seperti mainan yang digantung dengan warna-warna yang menarik, selain itu juga mainan yang bisa mengeluarkan bunyi. Mainan ini bisa juga merangsang indra penglihatan dan indra pendengaran bayi.

Mainan untuk bayi 2 bulan ataupun 3 bulan harus dibersihkan dan dicuci ketika sudah selesai dimainkan, agar mainan tersebut tetap terjaga kebersihannya.

2. Mainan untuk bayi usia 3-6 bulan

Pada usia ini, anda bisa memberikan mainan yang bertekstur agar bisa digigit oleh bayi, karena pada usia ini, bayi akan tumbuh gigi, selain itu juga anda bisa memilih mainan yang mengeluarkan bunyi, selain itu juga bisa anda bisa memberikan bonekan.

3. Mainan untuk bayi usia 6-9 bulan

Pada usia ini, anda bisa memberikan mainan yang bertekstur, sama seperti mainan yang diberikan pada usia 3-6 bulan agar bisa merangsang tumbuhnya gigi yang lainnya. Selain itu juga anda bisa memberikan bola agar bayi bisa meraihnya,  karena pada usia ini,  bayi akan belajar merangkak ketika meraih boloanya. Akan tetapi harus dalam pengawasa anda.

4. Mainan untuk bayi usia 9-12 bulan

Pada usia ini, anda bisa memberikan mainan sepeerti bola, boneka, mainan yang bisa didorong agar bisa merangsang bayiagar bisa berjalan, karena pada usia ini bayi sudah mulai bisa berjalan sendiri.

Ketika anda memilih mainan untuk bayi  anda bisa memperhatikan hal-hal berikut ini agar anda bisa memberikan mainan yang aman bagi anak anda.

Yang pertama, anda bisa memilih mainan bayi yang berukuran besar, karena jika ukuranya kecil, mainan tersebut beresiko tertelan oleh bayi, sehingga lebih aman mainan yang berukuran besar.

Yang kedua, anda bisa memilih mainan bayi yang memiliki bentuk yang tumpul untuk keamanan bayi.

Yang ketiga, anda bisa memilih mainan bayi yang terbuat dari bahan yang ringan, sehingga ketika bayi memainkan mainannya tidak beresiko menciderai bayi ketika terjatuh.

Yang kkempat,anda bisa memilih mainan yang mendidik, sehingga otak anak akan semakin terlatih untuk berkembang.

Yang kelima, anda bisa memilih mainan yang memiliki warna yang disukai oleh anak anda.

Yang keenam, anda bisa memilih mainan yang mudah ketika anda membersihkannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here