Mainan Bayi

0
48
Mainan Bayi
Mainan Bayi

Mempunyai bayi yang sehat, lucu dan cerdas merupakan hal yang membahagiakan bagi orang tua. Tumbuh kembangnya anak serta kejadian-kejadian yang menarik yang di alami bayi anda tidak boleh anda lewatkan. Selain itu juga dalam masa pertumbuhannya anda juga bisa merangsangnya dengan mainan bayi. Terdapat beberapa mainan yang bisa merangsang motorik bayi anda. Diantaranya terdapat beberapa permainan yang disesuaikan usian bayi anda.

Tahap yang pertama yaitu mainan untuk bayi berusia 1-3 bulan .

Pada usia ini, bayi bisa menatap  ke ibu, kemudian mengeluarkan suara, memnngerakan tangan dan kaki nya, mengangkat kepalanya ketika bayi tengkurap,  menggerakan kepala kea rah kanan dan arah kiri. Pada usia ini anda bisa menstimulasi indra pendengaran bayi, indra penglihatan bayi, dan indra raba bayi dengan menggunakan mainan yang sesuai dengan umur bayi. Pada usia ini anda bisa memberikan mainan yang berbunyi, mainan yang bertekstur, mainan yang berbentuk boneka, mainan yang berbentuk bola, dan juga mainan yang berbentuk gantungan. Tentunya mainan-mainan tersebut terbuat dari bahan yang aman bagi bayi.

Tahap yang kedua yaitu mainan untuk bayi yang  berusia 3-6 bulan.

Pada usia ini, bayi bisa merespon ibu dengan menggerakan tubunya, bayi menggenggam mainan, menirukan suara. Meraih benda disekitarnya, sehingga anda bisa memberikan mainan berbentuk gantungan, mainan bayi yang berbentuk besar dan berwarna, anda juga memberikan mainan yang berbunyi, selain itu juga mainan yang memiliki gambar yang menarik sehingga ketika bayi sedang tengkurap bayi akan berusaha meraihnya.

Tahap yang ketiga yaitu mainan  untuk bayi yang berusia 6-9 bulan.

Pada usia ini bayi sudah bisa duduk, dan pada usia ini, gigi bayi sudah mulai umbuh. Sehingga pada usia ini, anda bisa memberikan mainan yang bisa digigit, supaya bisa merangsang gigi bayi anda cepat tumbuh. Selain itu juga anda bisan memberikan mainan yang berbunyi dan bisa menyala. Anda harus bisa selektif untuk memilihkan bahan yang yang aman untuk mainan yang bisa digit. Ketika amainan yang digigit sudah selesai dimainkan, anda bisa merendamnya atau merebusnya sehingga kuman-kuman akan mati dan steril.

Tahap yang keempat yaitu mainan untuk bayi yang berusia 9-12 bulan

pada usia ini anak bisa bediri dan berjalan, mengenal anggota badannya, menirukan kata-kata yang sederhana, sehingga anda bisa memberikan mainan yang berbagai bentuk seperti balok, bulat, dan bentuk lainnya, mainan yang bisa dipukul, selain itu juga mainan yang berbentuk teka-teki.

Hal yang terpenting dalam memilihkan mainan untuk bayi anda yaitu pilihkan mainan bayi yang sesuai dengan usianya, kemudian mainan yang terbuat dari bahan yang aman bagi bayi. Supaya bayi anda teteap aman ketika memainkan mainannya. Selain itu juga ketika mainan tersebut sudah tidak dipakai lagi, anda harus mencucinya, atau merebusnya sehingga mainan bayi anda tetap steril.

SHARE
Previous articleKasur Bayi
Next articleGendongan Bayi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here