Makanan untuk Ibu Hamil dan Perkembangan Janin

0
58
makanan untuk ibu hamil

Kehamilan seorang istri sekaligus seorang ibu dari buah hati suatu pasangan tentu menjadi masa yang paling membahagiakan karena sangat menanti-nantikan hadirnya buah hati ke dunia. Namun, demi menjaga kesehatan buah hati maka seorang ibu harus memperhatikan kesehatannya dan juga kesehatan asupan gizinya juga. Memperhatikan makanan untuk ibu hamil tentu mudah-mudah susah untuk dilakukan.

Ibu hamil akan selalu membutuhkan asupan nutrisi yang cukup guna membantu perkembangan janin dan bayi dalam kandungan dan juga membantu daya tahan tubuh ibu hamil itu sendiri. Saat sedang dalam masa kehamilan, seorang ibu hamil membutuhkan asupan sebanyak 300-350 kalori perhari nya.

makanan untuk ibu hamil
makanan untuk ibu hamil

Jika ibu hamil mengalami malnutrisi tentunya hal ini akan berdampak negatif pada janin dalam kandungannya. Selain itu pola makan yang tidak teratur dapat meningkatkan resiko komplikasi pada kehamilan dan juga kelahiran. 

Adapun asupan gizi dan nutrisi yang harus dipenuhi pada makanan untuk ibu hamil yaitu makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat secukupnya, kalsium, serat, protein, multivitamin, lemak sehat, mineral seperti yodium dan zat besi, dan juga asam folat yang berguna untuk membantu perkembangan otak bayi dalam kandungan.

Walaupun semua buah dan sayuran memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk dikonsumsi, tapi tidak semua buah dapat dikonsumsi untuk ibu hamil. Misalnya buah nanas, meskipun baik dan bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan wanita, tapi sayangnya tidak baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang dalam masa kehamilan karena pada buah nanas terdapat sebuah kandungan yang dapat melunakkan daging  dan lemak hingga rentan sekali untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Berbagai macam makanan untuk ibu hamil bagus untuk dikonsumsi

Buah-buahan : Pisang, mangga, alpukat, blueberry, strawberry, jus jambu biji, kelapa muda, pir, semangka, lemon, melon, jeruk, apel, pepaya, buah tin, buah bit.

Sayuran : Bayam, brokoli, tomat, paprika, buncis, wortel, berbagai jenis kacang-kacangan (kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, kacang hitam, kedelai, dan kacang almond), terong, daun katuk, kentang, kangkung, jagung, labu siam, kembang kol, dan kubis.

Selain buah-buahan dan sayuran, terdapat makanan sehat untuk ibu hamil lainnya yang juga memiliki variasi seperti : Daging sapi atau rebus, sereal, daging ayam, daging ikan salmon, telur, keju, susu sapi, susu kedelai, yoghurt, nasi beras merah, oatmeal, gandum, berbagai macam umbi-umbian, dan juga roti. Berbagai macam makanan tersebut ini tentunya harus memiliki takaran yang sesuai dengan tahap pertumbuhan janin dan bayi.

Sedangkan makanan dan minuman yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah makanan seperti : konsumsi kafein yang berlebihan, alkohol, mayonnaise karena mengandung telur, daging dan telur yang tidak terlalu matang, daging hotdog atau hamburger kecuali apabila digoreng terlebih dahulu, daging-daging sushi, dan juga kerang karena memiliki kandungan merkuri yang tinggi. Dan yang sudah dijelaskan ini merupakan bukan yang pantas untuk dikonsumsi sebagai makanan untuk ibu hamil.