Plus Minus Membiarkan Anak Bermain Dengan Gadget

0
26
Plus Minus Membiarkan Anak Bermain Dengan Gadget
Plus Minus Membiarkan Anak Bermain Dengan Gadget

Kemajuan tekonologi saat ini bukan hanya dimanfaatkan oleh orang dewasa. Untuk orang dewasa, gadget memang sangat membantu dalam berbagai hal, seperti memberikan kemudahan dalam bekerja, memperoleh informasi, mengatur keuangan, berbisnis, hingga dijadikan sebagai ajang hiburan semata. Akan tetapi, kepopuleran gadget ternyata terasa pula oleh anak – anak. Sekarang ini, anak mana yang tidak tertarik dengan smartphone atau tablet, terutama jika didalamya terdapat berbagai aplikasi musik hingga permainan.

Akhirnya, meskipun mainan anak anak terbaru sudah muncul dipasaran, tetapi kehadiran gadget seakan bisa melupakan anak untuk memilih permainan biasa yang banyak ditawarkan di toko mainan. Disisi lain, mainan anak anak terbaru kalah oleh munculnya beragam aplikasi permainan anak yang dihadirkan dalam sebuah gadget.

Lalu, apakah kehadiran gadget memiliki dampak positif atau justru negatif untuk anak? Sebenarnya ada dua hal yang bisa didapatkan dari keberadaan gadget. Saat anak sedang rewel, gadget selalu menjadi senjata ampuh untuk membuatnya diam. Selain itu, banyaknya aplikasi permainan yang dapat diunduh secara gratis, dapat membuat pengeluaran membeli mainan anak menjadi berkurang. Gadget juga dapat dijadikan sebagai media pendidikan. Orang tua bisa memilihkan aplikasi permainan yang berguna untuk mengasah kecerdasan otak anak. Contoh aplikasi tersebut misalnya sebuah permainan menarik yang sekaligus dapat membuat anak belajar membaca atau berhitung.

Akan tetapi, kehadiran gadget juga bisa mendatangkan efek negatif bagi anak. Anak cenderung lebih tertarik bermain dengan gadget dari pada bersosialisasi dengan teman sebayanya. Hal ini akan berdampak kurang baik pada kehidupan sosialnya. Ia akan menjadi anak tertutup dan tidak mampu bergaul. Kemudian, selalu bermain dengan gadget bisa membuat anak malas bergerak.

Ia pasti akan diam di satu tempat berlama – lama. Hal ini tentu tidak baik untuknya dan itu bisa membuat anak lupa makan, lupa mandi, hingga lupa buang air. Lalu, saat anak menggunakan gadget, tentu ia akan berhadapan dengan radiasi dan cahaya yang terpancar dari gadget tersebut. hal ini akan berdampak berbahaya bagi kesehatannya, terutama kesehatan matanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here