Praktek Memandikan Bayi Yang Mudah dan Aman

0
113
Praktek Memandikan Bayi Yang Mudah dan Aman
Praktek Memandikan Bayi Yang Mudah dan Aman

Banyak artikel-artikel yang membahas tentang tata cara memandikan bayi yang masih kecil atau usia-usia awal. Dan dengan banyaknya cara tersebut bukannya menambah kemudahan dalam memandikan bayi tetapi malah menjadi suatu masalah baru, karena adanya perbedaan dalam melakukan tata cara mandi bagi seorang bayi. Adanya stigma kesusahan dalam memandikan bayi, menjadikan kekhawatiran bagi ibu-ibu muda dalam memandikan anaknya.

Oleh karena itu kami merangkum dari berbagai sumber untuk anda bagaimana praktek dalam memandikan bayi yang mudah dan aman. Dan dapat dipraktekan secara langsung oleh ibu-ibu rumah tangga, terutama yang baru pertama mempunyai seorang anak. Berikut ini tata caranya.

Sebelum mandi dimandikan pilih terlebih dahulu ruangan yang akan dipakai untuk memandikan bayi. Pilih ruangan yang suhunya tidak terlalu dingin ataupun panas. Karena hal ini akan berdampak pada kondisi bayi. Siapkan pula sabun dan shampo yang digunakan khusus untuk bayi, popok bersih, handuk dan yanglainnya. Jika hendak memandikan bayi dalam suatu wadah baik itu bak mandi atau baskom, maka gunakan air hangat yang dapat tertampung dalam wadah tersebut dengan air maksimal setinggi 7 cm saja. hal ini dilakukann sebagai upaya jika sibayi atau telinga bayi masuk ke dalam air.

Entah karena kurang informasi atau pemahaman yang keliru, banyak dijumpai ibu-ibu yang mencampurkan suatu cairan tertentu ke dalam bak mandi bayi. Padahal air bersih yang hangat sudah cukup.

Dalam memandikan bayinya, pertama-tama masukan bayi ke dalam air wadah tampungan dari leher sampai kakinya, biarkan terendam agar mudah dalam membersihkan kotorannya. Untuk bagian kepala bayi topang dengan tangan kiri anda dan tuangkan sedikit demi sedikit air hangat ke tubuh bayi agar ia tidak merasa kedinginan.

Setelah itu usap tubuh bayi dengan menggunakan kain yang lembut atau spons yang dicampur dengan sabun untuk membasuh ke arah atas dan bawah bayi, serta depan dan belakang bayi. Kemudian sabuni bagian kepala, sementara untuk daerah wajah dan area mata sebaiknya jangan menggunakan sabun, dan tidak lupa juga bagian kelamuan si bayai agar bersih. Setelah terusap dengan rata dan bersih, angkat bayi dari bak mandi dengan dua tangan menopang antara sebelah kepala dan bagian bokong bayi. Jika ditakutkan dalam membawa bayinya berbahaya karena takut tergelincir, maka dapat meminta bantuan orang lain atau suami sendiri.

Setelah selesai semuanaya, selimuti bayi dengan handuk dan bersihkan sisa-sisa airnya dengan cara ditepuk-tepuk. Lalu pakaikan popok atau pakaian kepada bayi tersebut, agar menjadi bersih dan rapi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here