Susu UHT Sebagai Nutrisi Tambahan Anak

0
379
Susu cair anak

Sepertinya, sudah menjadi tren di kalangan orang tua masa kini untuk memberikan susu cair anak setelah usianya menginjak lebih dari 1 tahun. Karena menurut kepercayaan umum yang berkembang, susu UHT mempunyai banyak manfaat sebagai tambahan susu setelah ASI untuk membantu tumbuh kembang si Kecil.

Lalu apa itu susu UHT? Susu UHT merupakan istilah untuk susu yang bisa aman disimpan lebih lama hingga waktu 6 sampai 9 bulan meskipun tanpa lemari pendingin. 

Susu cair anak
Susu cair anak

UHT merupakan singkatan dari Ultra High Temperature, seperti namanya produk susu ini telah diproses secara termal pada suhu diatas 280 Fahrenheit selama minimal 2 detik, sehingga bisa membuat susu ini lebih aman untuk bisa disimpan lebih lama.

Harus Anda ketahui bahwa anak di bawah usia 1 tahun tidak bisa mencerna susu sapi sebaik mencerna air susu ibu atau ASI, jadi sangat tidak disarankan untuk memberikan susu UHT ini pada anak usia dibawah satu tahun. 

Pencernaan pada anak akan siap untuk mencerna susu selain ASI secara sempurna pada usia 1 tahun keatas, dan bisa menjadi asupan tambahan nutrisi yang baik dan optimal untuk si Kecil.

Susu sapi mempunyai kandungan yang kaya akan kalsium, dimana itu bisa membangun tulang dan gigi si Kecil menjadi lebih kuat, selain itu, kandungan kalsium pada susu juga dapat mengatur pembekuan darah dan kontrol otot pada tubuh si Kecil menjadi lebih baik, itu akan sangat berguna pada fase tersebut hingga ia tumbuh dewasa nanti. 

Selain itu, susu UHT juga mempunyai kandungan protein yang bisa membantu pertumbuhan si Kecil, serta kandungan karbohidrat yang sedikit memenuhi kebutuhan energi untuk si Kecil bermain atau beraktivitas sepanjang hari. 

Meskipun bisa membantu memberi kebutuhan karbohidrat dan nutrisi si Kecil, tentunya Anda juga harus tetap mendampingi dengan memberikan makanan sehat lain yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang yang optimal. 

Kelebihan lain yang bisa didapatkan si Kecil adalah, dengan mempunyai asupan kalsium yang cukup, akan membuat si Kecil lebih terhindar dari tekanan darah tinggi, stroke, kanker usus besar dan patah tulang pinggul di kemudian hari.

Memberikan susu UHT sebagai nutrisi tambahan baik untuk anda pertimbangkan, namun harus anda perhatikan juga saat memilih kandungan gizi yang dibutuhkan oleh si Kecil.

Pada umumnya anak anak akan mendapatkan nutrisi kalsium yang cukup jika mereka mengkonsumsi 450 sampai 600 ml susu sapi dalam sehari nya. 

Jika anda memberikan lebih banyak susu dari saran di atas tadi pada si Kecil, maka anak tidak akan mempunyai ruang di perutnya lagi untuk makanan lain yang dibutuhkan. Jadi usahakan untuk memberikan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang dengan memberi makanan yang mengandung vitamin yang baik untuk anak.

Setelah mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapatkan si Kecil dengan mengkonsumsi susu cair anak, selanjutnya Anda bisa memilih susu cair apa yang sebaiknya Anda berikan, karena pada setiap merk mempunyai kandungan yang berbeda beda, dimana itu bisa baik dan buruk untuk dikonsumsi si Kecil. 

Selain memberikan susu UHT, Anda juga harus tetap memberikan sumber nutrisi inti, seperti makanan sehat dan buah buahan guna membantu tumbuh kembang yang optimal.