Teori Tahap Perkembangan Anak Bersama Dancow

0
64
tahap perkembangan anak

Selain cara mendidik yang benar, orang tua juga harus selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh anak. Karena dalam tahap perkembangan anak,  dibutuhkan asupan gizi yang cukup, seperti terpenuhinya makanan empat sehat lima sempurna dan tidak lupa juga untuk minum susu. Namun demikian jangan langsung memberikan makanan yang sesuai dengan usianya, jangan sampai yang seharusnya diberi makanan yang lunak tapi malah padat. Memberi makan pada anak sebanyak tiga kali sehari.tahap perkembangan anakDari Teori Piaget memberikan banyak konsep utama dalam lapangan psikologi terhadap tahap perkembangan anak dan berpengaruh terhadap perkembangan konsep kecerdasan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya skema-skema tentang bagaimana seseorang mempersepsi lingkungannya. Teori ini membagi skema yang digunakan anak untuk memahami dunianya melalui empat periode utama yakni :

1.  Sensorimotor. Terjadi pada saat anak usia 0 sampai 2 tahun.

Pengetahuan anak diperoleh melalui interaksi fisik, baik dengan orang atau objek (benda). Skema-skemanya baru berbentuk refleks-refleks sederhana, seperti : menggenggam atau mengisap.

2. Praoperasional. Terjadi pada saat anak usia 2  sampai 6 tahun

Anak mulai menggunakan simbol-simbol untuk merepresentasi dunia atau lingkungannya secara kognitif. Simbol-simbol itu seperti : kata-kata dan bilangan yang dapat menggantikan objek, peristiwa dan kegiatan atau tingkah laku yang nampak.

3. Operasi konkrit. Terjadi pada saat anak usia 6 sampai 11 tahun

Anak sudah dapat membentuk operasi-operasi mental atas pengetahuan yang mereka miliki. Mereka dapat menambah, mengurangi dan mengubah. Operasi ini memungkinkannya untuk dapat memecahkan masalah secara logis.

4. Operasi formal. Terjadi pada saat anak usia 11 tahun sampai dewasa

Periode ini merupakan operasi mental tingkat tinggi. Di sini anak atau remaja sudah dapat berhubungan dengan peristiwa-peristiwa hipotesis atau abstrak, tidak hanya dengan objek-objek konkret. Remaja sudah dapat berpikir abstrak dan memecahkan masalah melalui pengujian semua alternatif yang ada.

Untuk mendukung tahap perkembangan anak di atas peranan orang tua sangatlah diperlukan, karena dengan adanya orang tua di samping anak akan merasa nyaman dan merasa aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here