Tips Membuat Estimasi Biaya Bangun Rumah

0
111
Biaya bangun rumah
Biaya bangun rumah

Dalam perencanaan pembuatan rumah, biaya adalah hal pertama yang harus dihitung dan dipersiapkan. Karena, finansial adalah faktor yang menentukan terwujudnya sebuah tempat tinggal yang Anda dambakan. Itulah kenapa, persiapan pembuatan estimasi biaya bangun rumah penting untuk Anda lakukan di awal perencanaan.

Pada dasarnya, membuat estimasi tidaklah sulit. Namun, masih ada beberapa orang yang sering salah karena tidak memasukkan beberapa pos pembiayaan. Agar tidak terjadi kesalahan, berikut kami jelaskan tips membuatnya:

Biaya bangun rumah
Biaya bangun rumah

1.  Hitung Biaya Bangun Rumah Per Meter

Cara ini bisa Anda lakukan sendiri atau meminta saran orang yang berpengalaman. Silahkan Anda hitung estimasi biaya bangun rumah per meter persegi. Setelah itu,kemudian hitung berapa jumlah ruangan, lalu hitung total secara keseluruhan.

Contohnya, jika 1 meter persegi membutuhkan biaya sebesar Rp5.000.000, maka satu ruangan dengan ukuran 2 meter persegi akan memakan biaya Rp10.000.000. Kemudian, silahkan totalkan biaya secara keseluruhan. Namun, ini bukan perhitungan yang baku, bisa saja lebih mahal jika Anda menggunakan bahan dan desain berbeda.

2.  Tentukan Kualitas Material dan Buat Hitungan Biaya

Seperti yang kita ketahui, ada banyak material yang dibutuhkan untuk membangun sebuah rumah. Material tersebut meliputi pasir, semen, keramik, kayu, dan masih banyak lainnya. Nah, tugas Anda sekarang, memilih kualitas material yang Anda inginkan. Kemudian, survey harganya.

Silahkan hitung kebutuhan material dengan vendor. Kemudian, hitung total estimasi keseluruhan biaya yang dibutuhkan.

3.  Hitung Biaya Vendor/Pekerja

Selain material, penghitungan biaya vendor yang nantinya akan melaksanakan proyek Anda juga tak kalah penting. Terkait hal ini, Anda bisa langsung cek harganya kepada masing-masing vendor yang menyediakan layanan. Silahkan konsultasikan harga atau negosiasi agar menemukan harga sesuai.

4.  Hitung Biaya Lain

Biaya lain yang dimaksud adalah berbagai biaya tambahan. Karena, semua biaya yang Anda hitung di atas, bisa saja kurang. Tujuannya yaitu agar Anda punya persiapan dana cadangan atau tambahan jika sewaktu-waktu ada kebutuhan biaya yang mendadak.

Nah, itulah tips sederhana dalam membuat estimasi biaya bangun rumah. Bagi yang saat ini berencana untuk membangunnya, silahkan Anda hitung terlebih dahulu estimasi biaya yang dibutuhkan tersebut. Tujuannya agar persiapan biaya matang.